Sunday, June 24, 2012

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal

PROGRAM KEAHLIAN


TUJUAN


Tujuan pendidikan di SUPM Tegal adalah menyiapkan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, professional dan memiliki tanggung jawab nasional dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga trampil yang berwawasan bisnis dan memiliki penguasaan teknis dan manajerial serta mampu mengelola dan mengembangkan usaha perikanan secara mandiri dan berkelanjutan.

SISTEM PENDIDIKAN

SUPM menerapkan kurikulum berstandar nasional dan internasional seperti Standard Training Course of Watchkeeping – for Fishing Vessel Personel (STCW-F) 1995, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) , maupun Good Aquaculture Practice dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO-9001-2000.

Pendidikan difokuskan kepada penguasaan ketrampilan sehingga memiliki kompetensi di bidang kelautan dan perikanan serta pembinaan kedisiplinan tinggi dan pembentukan karakter peserta didik.

Lulusan SUPM mendapatkan setifikat profesi sesuai dengan program studinya, seperti : Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (Ankapin)-II, Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan (Atkapin) –II, Teknisi Budidaya Ikan dan Asisten Pengolah Ikan.
Para lulusan diharapkan menjadi tenaga profesional yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya maupun orang lain atau bekerja sebagai tenaga teknis profesional pada perusahaan perikanan, di bidang pemerintahan, lembaga riset, lembaga pendidikan dan pelatihan kelautan dan perkanan.


PROGRAM STUDI

SUPM Tegal menyelenggarakan 4 program studi, yaitu :
  • Nautika Perikanan Laut
  • Teknika Perikanan Laut
  • Teknologi Budidaya Perikanan
  • Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

NAUTIKA PERIKANAN LAUT

Program studi ini memberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan di bidang Teknik Penangkapan Ikan dan Navigasi Kapal Penangkap Ikan.
Para siswa didorong menerapkan teknik penangkapan ikan modern yang ramah lingkungan demi menjaga kelestarian sumber daya perikanan.

Profile Lulusan :
Mampu melayarkan dan mengopera-sikan kapal untuk usaha penangkapan ikan

TEKNIKA PERIKANAN LAUT

Program studi ini memberikan kesem patan untuk menambah pengetahu-an dan ketrampilan di bidang teknik permesinan seperti mesin pengge-rak kapal, pesawat bantu, mesin pendingin, listrik dan elektronika kapal penangkap ikan.
Para siswa didorong menerapkan teknik permesinan kapal ikan mo-dern yang efektif, efisien dan ramah lingkungan demi menjaga kelestarian lingkungan sumber daya perikanan.

Profile Lulusan :
Mampu mengoperasikan, merawat dan memperbaiki mesin-mesin perikanan guna mendukung kegiatan penangkapan ikan atau usaha lainnya

TEKNOLOGI BUDIDAYA PERIKANAN

Program studi ini memberikan kesem patan untuk menambah pengetahu an dan ketrampilan di bidang teknik dan pengembangan budidaya ikan maupun komoditas perikanan lain yang bernilai ekonomis penting.
Para siswa didorong menerapkan sistem dan teknik budidaya kan yang baik guna menjaga kelestarian lingkungan sumber daya perikanan.

Profile Lulusan :
Mampu melaksanakan pembenihan maupun pembesaran ikan dan komoditas perikanan lainnya dalam kegiatan budidaya perikanan air tawar, air payau maupun laut.

TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN

Program studi ini memberikan ke-sempatan untuk menambah penge tahuan dan ketrampilan di bidang teknik pengolahan dan pengawasan mutu olahan hasil perikanan .
Para siswa didorong menerapkan sistem dan teknik pengolahan tradi-sional dan modern guna menghasil kan produk bermutu dan hygienis sesuai dengan ketentuan dalam HACCP.

Profile Lulusan :
Mampu melaksanakan kegiatan usaha pengolahan dan melakukan pengawasan mutu hasil perikanan.

 

Sejarah SUPM Negeri Tegal



SUPM Tegal didirikan pada tahun 1962 oleh Departemen Pertanian. Tujuan pendirian tersebut adalah untuk menghasilkan tenaga teknis perikanan guna mengisi kebutuhan pegawai perikanan pada instansi Pemerintah.
Pada tahun 1962 – 1969 lulusan SUPM Tegal ditempatkan di Pusat,
propinsi maupun di Kabupaten sebagai teknisi perikanan.

Tahun 1970– 1984, ketika pengembangan perikanan laut diarahkan ke perikanan industri, sebagian besar lulusan direkrut untuk mengisi kebutuhan tenaga teknis dek dan mes
in kapal pada kapal-kapal penangkap ikan yang beroperasi di perairan Indonesia Timur.

Tahun 1985 – 1990, dalam rangka mencapai swasembada pangan, pada periode tersebut para lulusan SUPM Tegal direkrut untuk mengisi kebutuhan penyuluh perikanan lapangan di Indonesia.
Tahun 1991–1995, ketika industri penangkapan ikan tuna segar berkembang di Indonesia. Pada periode itu, para lulusan direkrut untuk mengisi kebutuhan tenaga Perwira Deck maupun Perwira Mesin pada kapal long line yang beroperasi di Samudera Hindia maupun di perairan ZEE.
Pada tahun 1996 – 2000, kebutuhan tenaga kerja pada kapal perikanan di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah lulusan sekolah perikanan setiap tahunnya. Sementara itu, di Jepang dan negara maju lainnya di Eropa, ABK setempat cenderung beralih mencari pekerjaan yang beresiko rendah. Oleh karena itu, mereka membutuhkan ABK pengganti dari negara lain. Peluang ini dimanfaatkan oleh SUPM Tegal, dan pada periode itu para lulusannya mengisi kebutuhan tenaga ABK kapal perikanan Jepang dan negara maju lainnya.
Tahun 2001, SUPM Tegal berada di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. Kep.26L/Men/2001.

Tahun 2001 – sekarang, lulusan SUPM Tegal terbaik direkrut oleh DKP untuk ditempatkan sebagai teknisi perikanan pada instansi perikanan di bawah DKP seperti SUPM, Balai Pelatihan Perikanan, Balai Pengembangan Penangkapan Ikan, Balai Budidaya Perikanan, Balai Karantina Ikan, Kapal Latih Perikanan, Pengawas Perikanan, dan Pelabuhan Perikanan.Sedangkan lulusan lainnya bekerja di perusahaan perikanan dalam negeri maupun luar negeri. Setiap tahun ± 60 – 70 orang lulusan SUPM Tegal Program Studi Nautika Perikanan Laut dan Teknika Perikanan Laut dikirim untuk bekerja ataupun magang ke Jepang.

Penerimaan Siswa Baru 2012


Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal untuk tahun pelajaran 2012/ 2013 menerima siswa / siswi baru untuk dididik selama 3 (tiga) tahun menjadi Pelaut Perikanan yang bersertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan-II untuk program keahlian Nautika Perikanan Laut dan Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan-II untuk program keahlian Teknika Perikanan Laut,Teknisi Budidaya Perikanan untuk program keahlian Teknologi Budidaya Perikanan dan HACCP untuk program keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan yang berjiwa wirausaha yang mandiri.

Persyaratan Pendaftaran
1. Putra-putri warga Negara Indonesia.
2. Memiliki STTB SLTP tahun 2010, 2011 atau Surat Keterangan Lulus
bagi lulusan 2012.
3. Calon siswa pada tanggal 1 Juli 2012 belum berusia 18 tahun
dan belum menikah.
4. Tidak cacat badan, penglihatan, pendengaran
serta gangguan kejiwaan.
5. Tinggi/ berat badan minimum 155 cm/ 42 kg untuk putra,
150 cm/ 40 kg untuk putri.
6. Sanggup tinggal di asrama selama pendidikan.

Cara Pendaftaran
1. Pendaftaran dilakukan langsung di SUPM Negeri Tegal dengan
membawa:
a. Foto copy ijazah dan SKHU, atau Surat Tanda Telah Lulus(STTL)
b. Surat Keterangan Berkelakuan Baik,
bagi lulusan tahun 2012 cukup dari sekolah; dan
bagi lulusan tahun pelajaran 2010, 2011,
SKCK dari kepolisian (1 lembar).
c. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar (hitam putih).
d. Dapat melampirkan piagam penghargaan yang dimiliki.
e. Khusus putra-putri pelaku utama (nelayan, pengolah ikan,
dan pembudidaya ikan) melampirkan foto copy Kartu Keluarga
dan KTP orang tua.
2. Bersedia membantu biaya ujian saringan.
3. Pendaftaran dibuka pada tanggal 4 Juni 2012 dan ditutup
pada tanggal 23 Juni 2012
setiap jam kerja (Senin - Sabtu) 08.00 - 16.00 WIB.

Ujian Saringan
Ujian saringan dilakukan dengan menggunakan sistem gugur, dilaksanakan tanggal 25 Juni 2012 sampai dengan 30 Juni 2012 meliputi :
1. Tes tertulis.
2. Tes fisik dan renang.
3. Tes kesehatan.
4. Tes wawancara.
5. Khusus putra-putri pelaku utama (nelayan, pengolah ikan,
dan pembudidaya ikan) bebas tes tertulis.
Lebih jelas dan download leaflet/ brosur Klik disini : Leaflet PSB SUPM Tegal 2012

No comments: