Sunday, June 24, 2012

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Serang


http://www.stp.kkp.go.id/
Sekolah Tinggi Perikanan (STP) adalah Pendidikan Tinggi di bawah Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang bertugas menyiapkan kebutuhan tenaga ahli dalam mendukung pembangunan kelautan dan perikanan.  Visi STP adalah menghasilkan sumberdaya manusia Kelautan dan Perikanan yang Cerdas dan Kompetitif, sedangkan Misinya adalah menyelenggarakan layanan pendidikan tinggi bermutu, relevan dan berdaya saing international sesuai dengan amanat Undang Undang No.31 tahun 2004 dan Undang-Undang No.45 tahun 2009 tentang perikanan. Untuk itu kami memberikan kesempatan kepada seluruh generasi muda di tanah air dalam rangka mengembangkan kelautan dan perikanan di Indonesia dengan bergabung mejadi Taruna STP.
Pada tahun akademik 2012/2013 kami menyelenggarakan 4 (empat) Program Seleksi Penerimaan Taruna Baru yaitu :
  1. Jalur Umum yang diselenggarakan di Rayon Pusat (Jakarta) dan 16 (enam belas) Rayon Daerah;
  2. Jalur Khusus untuk Pelaku Utama Perikanan (nelayan, pengolah hasil perikanan, pembudidaya ikan, pedagang ikan, petani garam, pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan)
  3. Jalur Khusus untuk Anak Pelaku Utama Perikanan (nelayan, pengolah hasil perikanan, pembudidaya ikan, pedagang ikan, dan petani garam);
  4. Jalur Khusus D4 sisipan/alih jenjang bagi pegawai dan lulusan terbaik Akademi Perikanan lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk peningkatan jenjang pendidikan.
Pilihan Program Studi meliputi;
  1. Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI);
  2. Program Studi Permesinan Perikanan (MP);
  3. Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH);
  4. Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK);
  5. Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS);
  6. Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP).

Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Perikanan
Jl. AUP  Pasar Minggu  Jakarta Selatan  12520
e-Mail : papentarustp@kkp.go.id
 
alamat Serang : BAPPL – STP, Jl. STP Raya  Karangantu Kecamatan Kasemen, Serang-Banten 42191Telefax (0254) 202094, e-mail bapplstp@dkp.go.id
 

Jurusan & Program Studi

Jurusan merupakan unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi perikanan, dan Program studi merupakan kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan vokasi dan profesi yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum, dan ditujukan agar taruna dapat menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum.
Jurusan Sekolah Tinggi Perikanan terdiri dari:
  1. Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan;
  2. Program Studi;
  3. Kelompok Dosen;
  4. Laboratorium/bengkel latih/kapal latih/tambak latih.
Jurusan dan Program studi yang dimiliki oleh masing-masing jurusan di Sekolah Tinggi Perikanan adalah:
  1. Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan meliputi Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), dan Program Studi Permesinan Perikanan (MP);
  2. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan meliputi Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH);
  3. Jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan meliputi Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK) dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS);
  4. Jurusan Penyuluhan Perikanan meliputi Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP).
1
Link Terkait
 

 

Kampus Pantai - Serang

Kampus Pantai Serang merupakan Bagian Administrasi Pelatihan Perikanan Lapangan di bawah Sekolah Tinggi Perikanan memiliki luas + 20 ha. Kampus ini terletak di Jl. Samudra Raya, Karang Antu, Desa Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kotamadya Serang - Banten. Kampus ini terletak 80 km ke arah Barat dari Jakarta yang merupakan daerah pantai di Teluk Banten yang berdekatan dengan situs peninggalan sejarah di Propinsi Banten. Kampus ini didirikan tahun 1986 guna memenuhi kebutuhan penyediaan kampus latihan yang sesuai dan mendukung pencapaian pengetahuan praktis dan ketrampilan teknis. Disamping itu, kampus ini juga menyediakan fasilitas penelitian dan pelaksanaan pengajaran khususnya bagi Program Studi Teknologi Akuakultur dan Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan. Kampus ini bukan hanya melaksanakan program-program kegiatan yang terstruktur saja tetapi juga melaksanakan pelatihan perikanan jangka pendek dengan peserta adalah nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah ikan.

Fasilitas pelatihan meliputi “indoor hatchery”, tambak, “cold storage” skala kecil, workshop mekanik, kapal in-board, perumahan dosen, aula, gedung kantor, asrama mahasiswa, ruang rekreasi, ruang pertemuan, fasilitas olah raga, dan musholla. Kapasitas tampung asrama taruna mencapai sekitar 300 orang. Tambak disediakan untuk pelatihan dan penelitian, serta tambak model untuk demontrasi. Disamping itu, baru-baru ini pemerintah daerah setempat mengijinkan untuk menggunakan dua pulau di dekat kampus untuk kegiatan pelatihan dan penelitian.
Sejarah berdirinya BAPPL – STP Serang sebagai berikut :
  1. Unit latihan Perikanan Lapangan (ULPL) tahun 1987 – 1989.
  2. Balai Latihan Perikanan Lapangan (BLPL – STP) tahun 1990 – 2000.
  3. Unit studi dan Pelatihan Perikanan Lapangan (USPPL – STP) tahun 2001 – 2003
  4. Bagian Administrasi dan Pelatihan Perikanan Lapangan (BAPPL – STP) tahun 2003 – sekarang.
Visi dari BAPPL – STP Serang adalah terwujudnya STP sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan yang mampu mengantisipasi perkembangan teknologi kelautan dan perikanan yang bertaraf internasional. Visi BAPPL STP dirumuskan dengan memperhatikan keselarasan dan kesesuain antara visi yang hendak diwujudkan dengan tupoksi yang diemban. Pernyataan visi diatas merupakan idealisme, cita-cita dan harapan dari segenap personil yang ada dalam lingkup BAPPL, juga diperlukan dukungan dan kerja sama yang kontruksif dari mitra kerja yaitu segenap lingkungan STP dan stakeholders yang ada. Misi ini menggambarkan langkah-langkah nyata yang perlu dilakukan sesuai dengan tupoksi BAPPL yang menjadi bagian tidak terpisahkan dengan STP.

Misi yang dijalankan adalah :
  1. Mewujudkan lembaga pendidikan tinggi perikanan profesional yang bertaraf internasional.
  2. Mewujudkan program pendidikan unggulan baik vokasi maupun profesi, biotek, nano mesin, nano elektronik.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan litrap dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan dan perikanan.
  4. Melaksanakan dan mengembangkan pola dan mutu pengabdian masyarakat yang berbasis kelautan dan perikanan.
  5. Melaksanakan dan mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi, perusahaan swasta, asosiasi profesi dan lembaga lain di dalam dan di luar negeri.
Program Kegiatan yang ditempuh adalah sebagai berikut :
  1. Pengembangan bahan ajar oleh dosen-dosen secara bertahap dibuat bahan ajar sesuai bidang Kelautan dan Perikanan.
  2. Pembuatan penebitan BAPPL – STP Press untuk mendukung penyedian bahan ajar bagi peserta didik, peseta pelatihan dan pengikat ilmu, pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat.
  3. Mengadakan gelar teknologi dan wirusaha taruna.
  4. Kerjasama operasional dalam kerangka Tri Dharma perguruan tinggi dengan stakeholders.
  5. Meningkatkan keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pegawai dengan menyenggarakan studi banding, mendorong peningkatan jenjang pedidikan lebih tinggi, magang dan mengikut serta dalam beberapa kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh instansi terkait.
  6. Pelayanan saraa dan prasarana untuk pendidikan, pelatihan dan pengkajian secara optimal sehingga dapat melayani praktek, kuliah, tata kehidupan taruna dan perserta didik lainnya, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  7. Peningkatan pemanfaatan workshop, laboratorium, pertambakan, kapal latih sehingga dapat dikembangkan menjadi yang berbasis industri.
  8. Menyelenggaarakan penelitian terapan dibidang kelautan dan perikanan
  9. Pengabdian kepada masyarakat untuk program Pro growth, Pro poor, dan Pro job.
  10. Pengembangan lingkungan kampus yang nyaman dan asri.
  11. Pembinaan mental fisik keluarga Besar BAPPL
  12. Pembinaan kepribadian Taruna Sekolah Tinggi Perikanan dengan empat pilar yaitu pembentuk fisik dan mental, pengembangan jiwa wira usaha, pengembangan jiwa cinta lingkungan dan pengembangan keterampilan.
  13. Pembuatan jurnal ilmiah sebagai wahana komunikasi dan sosial hasil kegiatan yang dilakukan oleh BAPPL – STP Serang.
  14. Menyelengarakan kemitraan dengan pemerintah, pengusaha, masyarakat dan instansi terkait.
  15. Menjadikan sebagai kampus wisata dan sumber inspirasi tempat bertanya.

No comments: