Monday, June 25, 2012

Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta



APP Jakarta

Logo APP Jakarta
Didirikan 1957
Lokasi Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Situs web www.app-jakarta.ac.id
Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta adalah pendidikan tinggi yang berada dalam pengelolaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri dalam lingkungan Departemen Perindustrian RI. Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional dalam bidang Manajemen Industri dan Perdagangan yang diperlukan disektor industri, perdagangan dan sektor lainnya serta menumbuhkembangkan dan menanamkan jiwa wirausaha yang tangguh agar dapat bersaing di era globalisasi.

AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN
KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN R.I

Jalan Timbul No.34
Kel. Cipedak Kec. Jagakarsa
Jakarta Selatan 12630
Telp. (021) 7270215, Fax. (021) 7271847
Email : akademik@app-jakarta.ac.id

 

Jurusan
Perdagangan Internasional PDF Print E-mail
VISI
Menjadi program studi terdepan, pusat unggulan (center of excellence) di bidang perdagangan internasional, dan pusat penciptaan wirausaha muda yang tangguh pada tahun 2025.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang perdagangan internasional untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan wirausaha muda yang tangguh.
  2. Melaksanakan penelitian aplikatif di bidang perdagangan internasional dan kewirausahaan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menjadikan program studi Perdagangan Intenasional sebagai pusat pelatihan, pusat informasi, dan pusat jasa konsultasi.

KOMPETENSI  PROGRAM  STUDI
  • Kompeten mengelola perdagangan internasional
  • Kompeten berkomunikasi dan bernegosiasi dengan pembeli/calon pembeli di dalam/di   luar negeri.
  • Kompeten melakukan Ekspor/Impor ke/dari luar negeri dan mereduksi resiko bisnis   dalam perdagangan internasional
  • Kompeten sebagai wirausaha


KURIKULUM PROGRAM STUDI PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Semester I
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Agama 2
2 Bahasa Indonesia 2
3 Bahasa Inggris I + L 3
4 Aplikasi Komputer I 2
5 Pengantar Ekonomi Mikro 3
6 Manajemen 3
7 Pengantar Bisnis 3
8 Matematika 3
Jumlah M = 8 21
Semester II
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Pancasila 2
2 Pend.Kewarganegaraan 2
3 Bahasa Inggris II + L 3
4 Aplikasi Komputer II 2
5 Pengantar Ekonomi Makro 3
6 Mjn.Industri & Perdagangan 3
7 Pengantar Akuntansi 3
8 Statistika Ind & Perdagangan 3
Jumlah M = 8 21
Semester III
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Manajemen SDM 2
2 Komunikasi Bisnis 3
3 Bahasa Inggris III 3
4 Sistem Informasi Manajemen 2
5 Manajemen Keuangan 3
6 Manajemen Operasional 3
7 Akuntansi Biaya 3
8 Manajemen Tranportasi 3
Jumlah M = 8 22
Semester IV
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Manajemen Pemasaran 3
2 Manajemen Bisnis Int’l 3
3 Keuangan Internasional 3
4 Manajemen Resiko 2
5 Kewirausahaan               ♣ 3
6 Akuntansi Internasional 3
7 Pemasaran Internasional♣ 4
8 Studi Kelayak. Ekspor/Impor 3
Jumlah M = 8 24
Semester V
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Hukum Perdagangan Int’l 3
2 Ekonomi Internasional 3
3 Teknik Perdag.Int’l          ♣ 4
4 Teknik Negosiasi            ♣ 4
5 Ekonomi Moneter 2
6 Manajemen Usaha + L 3
7 Kepemimpinan Bisnis 3
8 Metodologi Penelitian 2
Jumlah M = 8 24
Semester VI
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Kerja Praktek / Karya Akhir 3
2 Studium General« AMT« Plant Visit/KKM« Ceramah/Seminar« Diskusi« Business Game« CEFE 0
Jumlah M = 2 3
Keterangan :♣ =       Mata kuliah Kompetensi Utama ( M-KU) Andalan.
L =       Laboratorium
Catatan : Beban studi D – III = 115 SKS dalam 42 M dengan kewajiban mengikuti Studium General(AMT, Plant Visit / KKM, Ceramah / seminar, Diskusi, Business Game, dan CEFE)
Manajemen Keuangan PDF Print E-mail

VISI
Menjadi Program Studi terdepan dan pusat unggulan di bidang manajemen keuangan serta pusat penciptaan wirausaha muda yang tangguh di tingkat nasional pada tahun 2025.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang Manajemen Keuangan dan kewirausahaan sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi.
  2. Melakukan penelitian aplikatif di bidang manajemen keuangan dan kewirausahaan yang dapat diimplementasikan oleh dunia usaha dan dunia industri.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat industri dan dunia usaha dengan menjadikan Program Studi Manajemen Keuangan sebagai pusat pelatihan, informasi dan penyedia jasa konsultasi Manajemen Keuangan.

KOMPETENSI  PROGRAM  STUDI
  • Kompeten membuat dan mengendalikan anggaran perusahaan
  • Kompeten menghitung pajak-pajak yang harus ditanggung perusahaan.
  • Kompeten munyusun dan merealisasikan manajemen keuangan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.
  • Kompeten sebagai wirausaha.



§ KURIKULUM PROGRAM STUDI MANAJEMEN KEUANGAN
Semester I
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Agama 2
2 Bahasa Indonesia 2
3 Bahasa Inggris I + L 3
4 Aplikasi Komputer I 2
5 Pengantar Ekonomi Mikro 3
6 Manajemen 3
7 Pengantar Bisnis 3
8 Matematika 3
Jumlah M = 8 21
Semester II
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Pancasila 2
2 Pend.Kewarganegaraan 2
3 Bahasa Inggris II + L 3
4 Aplikasi Komputer II 2
5 Pengantar Ekonomi Makro 3
6 Mjn.Industri & Perdagangan 3
7 Pengantar Akuntansi 3
8 Statistika Ind & Perdagangan 3
Jumlah M = 8 21
Semester III
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Peng.Akuntansi II 3
2 Lab.Komputer Akuntansi 3
3 Akuntansi Biaya I 3
4 Analisa Kinerja Keuangan 3
5 Matematika Keuangan & Bisnis 3
6 Manajemen Operasional 2
7 Manajemen SDM 2
8 Manajemen Keuangan    ♣ 4
Jumlah M = 8 23
Semester IV
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Akuntansi Biaya II 3
2 Sistem informasi Akuntansi 3
3 Dasar Pemasaran 2
4 Manajemen Resiko 2
5 Kewirausahaan               ♣ 3
6 Ekonomi Moneter 3
7 Penganggaran Perusahaan ♣ 4
8 Manajemen Usaha + L 3
Jumlah M = 8 23
Semester V
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Akuntansi Manajemen 3
2 Pemeriksaan Keuangan 3
3 Pasar Uang & Modal 3
4 Studi Kelayakan Bisnis 3
5 Kepemimpinan Bisnis 3
6 Bank & Lembaga Keuangan 3
7 Perpajakan                     ♣ 4
8 Metodologi Penelitian 2
Jumlah M = 8 23
Semester VI
No Mata Kuliah (M) SKS
1 Kerja Praktek / Karya Akhir 3
2 Studium General« AMT« Plant Visit/KKM« Ceramah/Seminar« Diskusi« Business Game« CEFE 0
Jumlah M = 2 3
Keterangan : ♣ =       Mata kuliah Kompetensi Utama ( M-KU) Andalan.
L =  Laboratorium
Catatan : Beban studi D – III = 115 SKS dalam 42 M dengan kewajiban mengikuti Studium General(AMT, Plant Visit / KKM, Ceramah / seminar, Diskusi, Business Game, dan CEFE)


 
Manajemen Pemasaran PDF Print E-mail

VISI
Menjadi Program Studi terdepan dan pusat unggulan di bidang Manajemen Pemasaran serta pusat penciptaan wirausaha muda yang tangguh di tingkat nasional pada tahun 2025.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang Manajemen Pemasaran dan kewirausahaan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri dengan kurikulum berbasis kompetensi dengan kurikulum berbasis kompetensi.
  2. Melakukan penelitian aplikatif di bidang Manajemen Pemasaran dan kewirausahaan yang dapat diimplementasikan oleh dunia usaha dan dunia industri.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat industri dan dunia usaha dengan menjadikan program studi Manajemen Pemasaran sebagai pusat pelatihan, pusat informasi dan penyediaan jasa konsultasi manajemen Pemasaran.

KOMPETENSI  PROGRAM  STUDI
  • Kompeten merencanakan dan melaksanakan penjualan pabrik (barang dan jasa)
  • Kompeten melaksanakan riset pemasaran.
  • Kompeten memberikan motivasi berprestasi dan melakukan supervisi terhadap tenaga  penjualan (SPG/SPB).
  • Kompeten sebagai wirausaha.



KURIKULUM PROGRAM STUDI MANAJEMEN PEMASARAN
Semester I

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Agama 2
2 Bahasa Indonesia 2
3 Bahasa Inggris I + L 3
4 Aplikasi Komputer I 2
5 Pengantar Ekonomi Mikro 3
6 Manajemen 3
7 Pengantar Bisnis 3
8 Matematika 3
Jumlah M = 8 21


  • Semester II


No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Pancasila 2
2 Pend.Kewarganegaraan 2
3 Bahasa Inggris II + L 3
4 Aplikasi Komputer II 2
5 Pengantar Ekonomi Makro 3
6 Mjn.Industri & Perdagangan 3
7 Pengantar Akuntansi 3
8 Statistika Ind & Perdagangan 3
Jumlah M = 8 21


  • Semester III


No Mata Kuliah (M) SKS
1 Dasar Pemasaran 3
2 Manajemen SDM 2
3 Akuntansi Biaya 3
4 Manajemen Operasional 2
5 Komunikasi Bisnis 3
6 Org.Teknik Perniagaan 3
7 Anggaran Pemasaran 3
8 Mjn.Tenaga Penjualan   ♣ 4
Jumlah M = 8 23


  • Semester IV


No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pemasaran Internasional 3
2 Perilaku Konsumen 3
3 Manajemen Keuangan 3
4 Manajemen Resiko 2
5 Kewirausahaan               ♣ 3
6 Sistem Informasi Manajemen 2
7 Manajemen Pemasaran I 3
8 Riset Pemasaran             ♣ 4
Jumlah M = 8 23


  • Semester V


No Mata Kuliah (M) SKS
1 Manajemen Usaha + L 3
2 Tek.& Strat.Pemasaran Jasa 3
3 Teknik Proyeksi Bisnis 3
4 Keterampilan Menjual     ♣ 4
5 Manajemen Pemasaran II 3
6 Kepemimpinan Bisnis 3
7 Manajemen Proyek 3
8 Metodologi Penelitian 2
Jumlah M = 8 23


  • Semester VI


No Mata Kuliah (M) SKS
1 Kerja Praktek / Karya Akhir 3
2 Studium General« AMT« Plant Visit/KKM« Ceramah/Seminar« Diskusi« Business Game« CEFE 0
Jumlah M = 2 3


  • Keterangan :♣   =       Mata kuliah Kompetensi Utama ( M-KU) Andalan.
  • L                          =       Laboratorium
  • Catatan : Beban studi D – III = 115 SKS dalam 42 M dengan kewajiban mengikuti Studium General  (AMT, Plant Visit / KKM, Ceramah / seminar, Diskusi, Business Game, dan CEFE)




 
Manajemen Produksi PDF Print E-mail

VISI
Menjadi Program Studi terdepan dan pusat unggulan di bidang manajemen produksi serta pusat penciptaan wirausaha muda yang tangguh di tingkat nasional pada tahun 2025.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang Manajemen Produksi dan jiwa kewirausahaan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri nasional dengan kurikulum berbasis kompetensi.
  2. Melakukan penelitian aplikatif di bidang produksi dan kewirausahaan yang dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dan industri.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat kepada dunia usaha dan industri untuk memajukan dunia usaha dan industri dengan menjadikan Program Studi Manajemen Produksi sebagai pusat pelatihan dan penyediaan jasa konsultasi manajemen produksi.

KOMPETENSI  PROGRAM  STUDI
  • Kompeten merencanakan dan menjadwalkan serta mengendalikan kegiatan produksi   termasuk  persediaannya.
  • Kompeten melaksanakan pengawasan dan pengendalian mutu secara terpadu.
  • Kompeten menetapkan tata letak fasilitas pabrik.
  • Kompeten sebagai wirausaha.

  • KURIKULUM PROGRAM STUDI MANAJEMEN PRODUKSI
  • Semester I

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Agama 2
2 Bahasa Indonesia 2
3 Bahasa Inggris I + L 3
4 Aplikasi Komputer I 2
5 Pengantar Ekonomi Mikro 3
6 Manajemen 3
7 Pengantar Bisnis 3
8 Matematika 3
Jumlah M = 8 21

  • Semester II

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Pendidikan Pancasila 2
2 Pend.Kewarganegaraan 2
3 Bahasa Inggris II + L 3
4 Aplikasi Komputer II 2
5 Pengantar Ekonomi Makro 3
6 Mjn.Industri & Perdagangan 3
7 Pengantar Akuntansi 3
8 Statistika Ind & Perdagangan 3
Jumlah M = 8 21

  • Semester III

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Ekonomi Teknik 3
2 K3 & Lingkungan 3
3 Dasar Pemasaran 2
4 Penget. Bahan & Proses 3
5 Kimia Dasar 3
6 Akuntansi Biaya 2
7 Perc.Pro.& Pengd.Persd ♣ 4
8 Aplikasi Komputer III 3
Jumlah M = 8 23

  • Semester IV

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Analisa Perencanaan Kerja 3
2 Manajemen SDM 2
3 Kewirausahaan               ♣ 3
4 Fisika Dasar 3
5 Statistika Pengawasan Mutu 3
6 Sistem Produksi 3
7 Teknologi Mekanik 3
8 Tata Letak Fasilitas Pabrik  ♣ 4
Jumlah M = 8 24

  • Semester V

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Manajemen Mutu Terpadu  ♣ 4
2 Studi Kelayakan Bisnis 3
3 Manajemen Usaha + L 3
4 Manajemen Proyek 3
5 Riset Operasional 3
6 Manajemen Keuangan 2
7 Kepemimpinan Bisnis 3
8 Metodologi Penelitian 2
Jumlah M = 8 23

  • Semester VI

No Mata Kuliah (M) SKS
1 Kerja Praktek / Karya Akhir 3
2 Studium General« AMT« Plant Visit/KKM« Ceramah/Seminar« Diskusi« Business Game« CEFE 0
Jumlah M = 2 3

  • Keterangan :♣ =       Mata kuliah Kompetensi Utama ( M-KU) Andalan.
  • L =       Laboratorium
  • Catatan : Beban studi D – III = 115 SKS dalam 42 M dengan kewajiban mengikuti Studium General(AMT, Plant Visit / KKM, Ceramah / seminar, Diskusi, Business Game, dan CEFE)





 
Manajemen Sumber Daya Manusia PDF Print E-mail

VISI
Menjadi program studi terdepan dan pusat unggulan melakukan pendidikan manajemen sumber daya manusia di bidang industri yang berjiwa wirausaha di tingkat nasional pada tahun 2025.
MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dan kewirausahaan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.
  2. Melakukan penelitian aplikatif di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dan kewirausahaan yang dapat diimplentasikan oleh dunia usaha dan industri.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat dan memberdayakan masyarakat industri melalui pelatihan dan penyiapan panduan pengelolaan sumberdaya manusia.
KOMPETENSI  PROGRAM  STUDI
  • Kompeten mendesain analisis jabatan dan membuat standar operasi prosedur(SOP)
  • Kompeten menetapkan besarnya upah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan  kemampuan perusahaan.
  • Kompeten merancang suatu bentuk pelatihan dan menyelenggarakannya.
  • Kompeten sebagai wirausaha



KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Semester I
No Mata Kuliah SKS
1 Agama 2
2 Bahasa Indonesia 2
3 Bahasa Inggris I 3
4 Pengantar Akuntansi 3
5 Pengantar Ilmu Ekonomi 3
6 Manajemen 3
7 Pengantar Bisnis 3
8 Matematika 3
Jumlah 22
Semester II
No Mata Kuliah SKS
1 Pancasila dan Kewarganegaraan 3
2 Manajemen SDM 3
3 Bahasa Inggris II 2
4 Aplikasi Komputer 2
5 Manajemen Pemasaran 3
6 Statistika 3
7 Perilaku Keorganisasian 3
8 Sistem Informasi Manajemen 2
Jumlah 21
Semester III
No Mata Kuliah SKS
1 Pengadaan Tenaga Kerja 3
2 Komputerisasi Adm Kepegawaian 3
3 Manajemen Keuangan 2
4 Manajemen Operasional 2
5 Manajemen Perkantoran 3
6 Manajemen Perubahan dan Kepemimpinan 3
7 Analisis Perancangan Kerja 3
8 Komunikasi Bisnis 3
Jumlah 22
Semester IV
No Mata Kuliah SKS
1 Pengembangan Tenaga Kerja 4
2 Psikolologi Kerja 3
3 Kewirausahaan 3
4 Analisis Jabatan 4
5 Etika Tenaga kerja (Emosional Inteligency) 3
6 Manajemen Konflik 3
7 Teknik Pengambilan Keputusan 2



Jumlah 22
Semester V
No Mata Kuliah SKS
1 Penilaian Kinerja Karyawan 3
2 Hubungan Industrial 3
3 K3 dan Lingkungan Hidup 3
4 Sistem Kompensasi dan Pengupahan 4
5 Studi Kelayakan Bisnis 3
6 Metode Penelitian 2
7 Hubungan Masyarakat 2



Jumlah 20
Semester VI
No Mata Kuliah SKS
1 Tugas Akhir / Magang 4
2 Studium General :
AMT
CEFE (Praktek Kewirausahan)
Bisnis Games (Simulasi Bisnis)
Plan Visit
Diskusi Kelompok
Seminar
0
0
3
1
0
1
0
Jumlah 9
Catatan :Beban studi D – III = 116 SKS


 

Sejarah

Pada tahun 1957 atas prakarsa dari beberapa tokoh/pejabat (antara lain dari lingkungan Departemen Perindustrian) dibuka suatu Pendidikan Pimpinan Perusahaan berupa kursus untuk menghasilkan tenaga pembina usaha industri.
Pada tahun 1959 Pendidikan Pimpinan Perusahaan ditingkatkan menjadi Akademi Pimpinan Perusahaan (disingkat APP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 488/TU tanggal 15 Januari 1959. Kuliah pertama dimulai tanggal 22 September 1959 yang selanjutnya dianggap sebagai hari jadi APP. Pada mulanya jurusan yang diselenggarakan adalah Mekanik dan Kimia, untuk menyiapkan tenaga pimpinan perusahaan tingkat menengah yang sangat dirasakan kebutuhannya pada kondisi ketika itu.
Sesuai dengan perkembangan kebutuhan pengelola usaha industri maka tahun 1973 jurusan yang telah ada diubah menjadi 4 pendalaman bidang keahlian fungsional yaitu: Manajemen Personalia, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pembelanjaan.
Sejak didirikan sampai penerimaan mahasiswa tahun 1986 program yang dilaksanakan adalah program Sarjana Muda, yang pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan seluruhnya sebanyak 5.143 Sarjana Muda. Sedangkan sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang program tersebut berubah menjadi Program Diploma III dengan sebutan Ahli Madya dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 9577. Secara keseluruhan lulusan APP sampai dengan saat ini adalah sebanyak 14.720 orang.
Tahun 1983 merupakan tonggak sejarah baru bagi Akademi Pimpinan Perusahaan karena mulai tahun ini Akademi Pimpinan Perusahaan berjalan atas dasar Juridis Surat Keputusan Bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Perindustrian.

Pendiri

  • Ir. Anondo
  • Ir. Adnan Kusuma (alm)
  • Prof. DR. Prayudi Atmosudirjo
  • Suryo Sudiono, SE
  • Ir. K. DL Thung (alm)
  • Ir. K. Hadinoto
  • Ir. Safioen (alm)
  • Amir Husein Siregar (alm)
  • Bodin Atmodiromo (alm)

No comments: