Monday, June 25, 2012

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)






 

Visi dan Misi

VISI :  Terdepan dalam keilmuan, pengembangan dan penerapan persandian
MISI :
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang persandian secara efektif dan efisien serta mandiri;
  2. Membentuk SDM persandian yang berwatak kepribadian tangguh dan bermoral tinggi;
  3. Menyiapkan SDM persandian yang berbasis kompetensi dalam bidang manajemen persandian, rancang bangun peralatan sandi dan kriptoanalisis serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan IPTEK;
  4. Melakukan penelitian ilmu kriptografi dan ilmu pendukung yang berbasis open system dan berorientasi kepada penerapan sesuai kebutuhan pengguna.

 

Sejarah

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang didirikan berdasarkan surat Mendiknas Nomor 19/MPN/2002 tanggal 17 Januari 2002 dan diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.
STSN merupakan peningkatan status dari Akademi Sandi Negara (AKSARA) yang menjalankan program Diploma III selanjutnya menjadi STSN yang menjalankan  program Diploma IV. Lulusan STSN memiliki kemampuan untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia serta tuntutan pengguna persandian di lingkungan instansi pemerintah. Sebagai institusi pendidikan di bidang sandi dan aplikasinya, STSN mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam hal pengetahuan dan aplikasi teknis persandian.
STSN merupakan salah satu lembaga atau institusi pendidikan yang mendukung terselenggaranya pertahanan negara melalui penyediaan sumber daya manusia terdidik yang memiliki kompetensi khusus dibidang pengamanan informasi, khususnya persandian. Melalui kompetensi tersebut, lulusan STSN mampu mengamankan informasi yang sifatnya strategis dan rahasia yang menjadi aset negara. Informasi rahasia yang dimiliki oleh suatu negara menjadi sasaran utama bagi pihak-pihak lawan atau yang tidak berkepentingan untuk dapat mengambil keuntungan baik dari aspek politis, sosial, ekonomis maupun yang terkait pertahanan dan keamanan negara.
Dalam Undang-undang ini dinyatakan bahwa dalam hal bela negara atau pertahanan negara, setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Mahasiswa dan/atau lulusan STSN merupakan SDM potensial dalam mendukung pertahanan negara karena memiliki kesiapan fisik, pengetahuan, dan kemampuan di bidang keamanan informasi. Dengan bermodalkan kesadaran akan pengamanan, mahasiswa dan/atau lulusan STSN memiliki dedikasi, loyalitas dan integritas tinggi yang dilengkapi dengan kemampuan dibidang keamanan informasi dan sandi.

Program Studi

Sekolah Tinggi Sandi Negara mempunyai 2 (dua) program studi yaitu :
  1. Program Studi Teknik Persandian, yang dibagi menjadi Bidang Minat Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi;
  2. Program Studi Manajemen Persandian.

Kontak

Sekolah Tinggi Sandi Negara

Jl. Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor – Jawa Barat 16330
Telp. (0251) 8541742, 8541754
Faks. (0251) 8541720
E-mail :spmb2010@stsn-nci.ac.id
website :http://stsn-nci.ac.id/


Sistem Pendidikan

  • Sekolah Tinggi Sandi Negara menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS).
  • Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146
  • Lama pendidikan 4 tahun (8 semester) dengan sistem Drop Out (DO) per semester

No comments: